Cara Melindungi Hak Cipta Konten YouTube yang Wajib Diketahui

Sebagai seorang YouTuber, Anda tentu berupaya untuk melindungi hak cipta konten YouTube agar tidak disalahgunakan orang lain. Hak cipta atau copyright akhir-akhir ini memang menjadi permasalahan yang sering diperhatikan oleh para content creator Youtube. Pelanggaran hak cipta tentu sangat merugikan pencipta karya atau pemegang hak.

Untuk itu, YouTube sebagai platform video streaming memberlakukan aturan yang ketat terkait isu hak cipta ini. Semua pemilik channel Youtube memang dapat mengunggah video secara gratis dengan modal akses internet. Namun video-video yang diunggah ke Youtube tidak boleh melanggar hak cipta milik orang lain.

Untuk menghindari kerugian akibat pelanggaran hak cipta, alangkah baiknya para content creator memahami cara melindungi hak cipta konten Youtube dengan tepat. Ini merupakan langkah untuk melindungi karya Anda serta memberikan pengetahuan bagi kreator lain agar tidak memanfaatkan karya orang lain secara illegal.

Cara YouTube Melindungi Hak Cipta Kreator

YouTube memiliki alat yang membantu pemilik hak cipta untuk melindungi karyanya di YouTube. Kreator konten dapat memanfaatkan berbagai alat yang tersedia untuk melacak video yang menyalahgunakan hak cipta miliknya. Salah satu alat (tool) yang dapat diakses oleh semua pengguna YouTube adalah formulir web.

Untuk melindungi hak cipta konten YouTube, Anda dapat menggunakan formulir web agar video repost dari channel Anda bisa segera dihapus. YouTube memberikan akses formulir web bagi semua penggunanya untuk melaporkan video yang melanggar hak cipta secara mudah. Pemilik hak cipta dapat meminta penghapusan video dalam waktu singkat.

Selain formulir web, YouTube juga menyediakan Copyright Match Tool. Berbeda dari formulir web, Anda perlu mengajukan permintaan jika ingin menggunakan Copyright Match Tool. Tool ini bekerja dengan mencocokkan video berhak cipta dengan video yang dilaporkan. Alat ini efektif untuk menghapus video dalam jumlah banyak.

YouTube juga menyediakan alat yang ampuh untuk melindungi hak cipta konten YouTube, yaitu Content ID. YouTube melakukan pemindaian video berdasarkan database file yang dikirim oleh pemegang hak cipta. Teknologi dalam Content ID bekerja dengan mengidentifikasi konten yang memiliki kecocokan dengan karya hak cipta Anda.

Cara Mendaftarkan Hak Cipta

Untuk mendapatkan klaim hak cipta di YouTube, tentu Anda harus memiliki hak cipta itu sendiri. Untuk itu, Anda harus mendaftarkan karya untuk memperoleh hak cipta. Pendaftaran hak cipta bisa dilakukan dengan mendatangi kantor wilayah Departemen Hukum dan HAM yang ada di masing-masing provinsi.

Namun, Anda juga dapat mendaftarkan hak cipta secara online. Ditjen Hak Kekayaan Intelektual memberikan kemudahan bagi masyarakat dengan membuka pendaftaran secara daring di laman https://e-hakcipta.dgip.go.id. Jika sudah memiliki hak cipta, Anda dapat melakukan upaya melindungi hak cipta konten Youtube agar tidak dirugikan oleh tindakan orang lain.

Anda juga dapat memanfaatkan jasa pihak ketiga, yaitu konsultan Hak Kekayaan Intelektual. Jika tak ingin repot dalam mengurus pengajuan hak cipta, hubungi saja konsultan HKI terpercaya. Meskipun perlu membayar biaya tambahan, namun pendaftaran hak cipta Anda akan lebih efisien karena diurus oleh ahlinya.

Untuk mendaftar hak cipta, Anda juga harus melengkapi persyaratan yang diminta. Persyaratannya antara lain surat permohonan pendaftaran ciptaan, bukti kewarganegaraan pencipta dan pemegang hak cipta, tanggal dan tempat ciptaan, uraian lengkap ciptaan, serta dokumen-dokumen pendukung lainnya.

Karya hak cipta dilindungi oleh UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Siapapun yang melanggar dapat dikenakan sanksi. Karya yang diupload di YouTube juga tidak lepas dari perlindungan hak cipta. Untuk melindungi hak cipta konten YouTube Anda, lakukan upaya-upaya yang tersedia agar tidak dirugikan.

Related Post
Konten YouTube Melanggar Hak Cipta, Hati-Hati Sebelum Upload Video

Banyak Youtuber yang masih belum menyadari potensi konten Youtube melanggar hak cipta. Kaum millennial menganggap Youtuber sebagai profesi idaman. Mengelola Read more

One thought on “Cara Melindungi Hak Cipta Konten YouTube yang Wajib Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *