Pentingnya Mendaftarkan Produk Farmasi ke BPOM, Ini Keuntungannya

Mendaftarkan produk farmasi ke BPOM memiliki urgensi tinggi bagi semua perusahaan industri farmasi. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) adalah otoritas yang berwenang memberikan izin edar obat-obatan dan makanan. Setiap produk dari industri farmasi maupun pangan berada di bawah pengawasan BPOM agar dapat beredar secara legal.

Peredaran obat-obatan dan makanan sangat rentan disalahgunakan. Oknum-oknum tidak bertanggung jawab dengan sengaja menyalurkan produk perusahaan mereka tanpa mendaftarkan produk ke BPOM. Hal ini dinilai berbahaya karena dapat merugikan masyarakat selaku konsumen terakhir. Oleh karena itu berdasarkan Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2017 Tentang Kriteria dan Tata Laksana Registrasi Obat pada Pasal 2 bahwa obat yang beredar di Indonesia wajib memiliki izin edar yaitu registrasi ke BPOM. Sebagai konsumen cerdas sebaiknya Anda memilih produk yang mendapat lisensi dari BPOM.

Agar produk farmasi aman digunakan masyarakat luas, semua jenisnya harus didaftarkan ke BPOM. BPOM menerapkan serangkaian pengujian ke produk-produk yang masuk agar sesuai dengan prinsip-prinsip kesehatan, hukum, dan ekonomi. Selain itu, mendaftarkan produk farmasi ke BPOM juga penting untuk menjaga kredibilitas perusahaan.

Pengertian Produk Farmasi

Sebagian besar masyarakat mengira bahwa produk farmasi adalah sebatas obat-obatan yang beredar di apotek saja. Namun sebenarnya produk farmasi lebih dari itu. Selain obat-obatan, perusahaan industri farmasi juga membuat produk lain, seperti makanan kesehatan, produk herbal, makanan nutrisi, suplemen, hingga produk kosmetik dan perawatan tubuh.

Intinya, produk farmasi adalah produk yang berhubungan dengan kesehatan. Fungsi mendaftarkan produk farmasi ke BPOM antara lain untuk lisensi dan sertifikasi di bidang farmasi sesuai standar, evaluasi produk sebelum didistribusikan, sampling dan pengujian laboratorium, riset pelaksanaan kebijakan obat dan pangan, audit promosi produk, dan sebagainya.

Keuntungan Memiliki Izin BPOM

Bagi masyarakat, produk farmasi yang telah lolos izin BPOM dapat digunakan secara aman dan tidak berbahaya. Selain bagi masyarakat, izin edar BPOM juga sangat penting bagi perusahaan farmasi. Hal ini untuk menghapus keraguan masyarakat sehingga mereka yakin dengan kualitas dan keamanan produk farmasi yang didistribusikan.

Dengan adanya sertifikasi dari BPOM, perusahaan akan mendapat banyak keuntungan. Misalnya produk farmasi memiliki legalitas sehingga terjamin kualitasnya, meningkatkan citra produk dibandingkan pesaing yang tidak mengantongi izin BPOM, harga stabil, keamanan produk farmasi terjamin, dan juga pangsa pasar lebih luas karena tingkat kepercayaan yang tinggi.

Jadi, bisa diambil kesimpulan bahwa mendaftarkan produk farmasi ke BPOM sama-sama menguntungkan, baik bagi masyarakat selaku konsumen maupun perusahaan farmasi selaku produsen dan pengusaha. Dengan adanya sertifikat layak edar dari BPOM, bisnis di bidang farmasi akan berjalan lancar dan stabil.

Proses Pendaftaran Perizinan Produk Farmasi ke BPOM

Dalam perizinan BPOM, terdapat 3 jenis nomor pendaftaran. Kode SP (Sertifikat Penyuluhan), yaitu nomor untuk pengusaha kecil bermodal terbatas yang diterbitkan oleh Dinkes Kabupaten atau Kota setempat. Kode MD untuk perusahaan dengan modal besar yang dapat memenuhi kriteria produk aman dan berkualitas. Kode ML untuk produk impor.

Cara mendaftarkan produk farmasi ke BPOM bisa dilakukan dengan mempersiapkan syarat-syarat yang ditentukan. Dokumen yang harus disiapkan antara lain fotokopi Surat Izin Industri yang diterbitkan oleh Departemen Perindustrian dan Perdagangan atau BKPM, hasil uji laboratorium terkait kandungan zat, uji kimia, cemaran logam, dan mikrobiologi.

Persyaratan lainnya adalah rancangan label yang akan didistribusikan (edarkan) beserta contoh produk, serta mengisi formulir pendaftaran secara lengkap. Jika semua persyaratan sudah dipenuhi, pemohon tinggal menunggu hasilnya apakah mendapat izin edar atau tidak. Saat ini BPOM juga menyediakan layanan pendaftaran online melalui platform e-Registration.

Izin edar produk farmasi dari BPOM sangat penting. Selain untuk kepentingan masyarakat, izin BPOM juga memberi banyak keuntungan bagi perusahaan farmasi. Pendaftaran izin edar BPOM dapat dilakukan secara manual (offline) atau online. Mendaftarkan produk farmasi ke BPOM adalah langkah penting untuk menjamin kualitas dan keamanan produk.

Related Post
Cara Mendirikan Industri Farmasi yang Harus Dipenuhi

Untuk mendirikan industri farmasi diperlukan izin dari Menteri Kesehatan. Hal ini berdasarkan Pasal 1 angka 3 Peraturan Menteri Kesehatan Republik Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *